Tips Mendapatkan Surat Rekomendasi untuk Beasiswa

Tips Mendapatkan Surat Rekomendasi untuk Beasiswa

Tidak semua formulir aplikasi menyediakan isian atau format untuk surat rekomendasi. Selain itu tak banyak profesor, dosen atau orang yang mau membuat dan memberikan surat rekomendasi tersebut. Jika demikian maka Anda yang harus membuatnya sendiri, baru kemudian diberikan kepada orang yang hendak memberikan rekomendasi. Namun terlepas dari format surat rekomendasi seperti apa, ada hal yang penting Anda perhatikan. Tentunya tidak ada orang yang mau memberikan rekomendasi begitu saja tanpa terlebih dahulu mengenal Anda. Lalu dari sekian banyak orang yang mengenal Anda, siapakah yang tepat dipilih untuk memberikan rekomendasi? Terkadang untuk memudahkan jalan Anda memperoleh beasiswa dibutuhkan koneksi atau kenalan minimal seorang profesor yang ada di universitas yang dituju. Bagaimana cara mencari kenalan profesor di luar negeri?

Untuk lebih jelasnya berikut ini tips-tips seputar pemilihan pemberi surat rekomendasi dan bagaimana mendapatkannya:

Mendapatkan surat rekomendasi yang baik dan mudah

Untuk mendapatkan surat rekomendasi yang baik dengan mudah, maka pengalaman Anda sangat berpengaruh antara lain:

  • Pengalaman riset

Riset atau penelitian dalam kehidupan akademik sangatlah penting. Oleh karena itu pastikan pengalaman riset Anda adalah sesuatu yang istimewa, mendapatkan nilai tinggi dan didokumentasikan. Selain itu sering-seringlah terlibat dalam kegiatan riset atau paling tidak pernah menjadi asisten riset selama Anda kuliah.

  • Pengalaman terapan

Maksud dari hal ini adalah menerapkan ilmu yang Anda dapatkan dalam pekerjaan atau kehidupan bermasyarakat secara nyata, misalnya dengan mengikuti program magang, kontribusi di pekerjaan-pekerjaan sosial dan sebagainya. Pastikan Anda mendokumentasikan pengalaman ini, misalnya mendapatkan sertifikat.

  • Pengalaman di kelas
  • Interaksi di kelas adalah hal yang penting. Buatlah kesan yang baik di dalam kelas. Jadilah siswa yang aktif, datang tepat waktu, jarang bolos, selalu penuh persiapan, mengumpulkan tugas tepat waktu, sering memberikan pertanyaan yang cerdas, berpartisipasi dalam diskusi kelas dan sering mencari masukan pada masalah-masalah ilmiah.

Siapa yang dipilih?

Biasanya surat rekomendasi yang diminta lebih dari satu, yaitu dari lingkungan akademik dan lingkungan pekerjaan. Tapi siapakah yang sebaiknya Anda pilih sebagai recommender? Ingatlah bahwa surat rekomendasi harus memberikan penilaian yang menyeluruh dan positif tentang kemampuan dan kecakapan Anda. Biasanya surat rekomendasi yang diberikan oleh profesor akan mendapatkan nilai lebih dari panitia penerimaan beasiswa. Namun demikian surat yang berasal dari dosen yang benar-benar berhubungan langsung dengan Anda di kelas atau pada proyek-proyek penelitian juga mendapatkan penilaian yang positif.

Surat rekomendasi yang efektif sebaiknya diberikan oleh seseorang yang memiliki kriteria antara lain:

  • Mengetahui bidang yang menjadi minat Anda dan sekolah yang ingin Anda lamar.
  • Mampu mengevaluasi performa Anda pada bidang yang diminati.
  • Dapat mengutarakan karateristik pribadi Anda.
  • Dapat membicarakan kemampuan Anda ketika bekerja dalam tim.
  • Mampu mengutarakan tentang kepemimpinan Anda.
  • Mampu menilai tingkat profesionalisme Anda.
  • Mampu mengutarakan kemampuan akademik Anda, tidak hanya yang sudah pernah dilalui tetapi juga dapat menilai potensi kesuksesan Anda di tingkat yang lebih lanjut.
  • Seseorang yang sudah diakui dan memiliki pendapat bernilai tinggi dalam bidang tersebut.
  • Mampu menulis surat referensi yang baik.

Mencari profesor di luar negeri

Bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa dari luar negeri, rekomendasi sangat diperlukan, terutama dari profesor di luar negeri yang berasal dari negara atau bahkan perguruan tinggi yang kita tuju. Mulailah mencari koneksi di luar negeri sebanyak-banyaknya. Untuk itu perlu banyak bertanya terutama pada alumni atau mahasiswa yang sudah pernah meraih beasiswa. Terkadang di beberapa universitas di Indonesia, ada dosen tamu dari universitas luar negeri yang mengajar subjek tertentu. Apabila subjek atau bidang mereka sesuai dengan yang Anda minati, maka mulailah berdiskusi dan menjalin hubungan dengan dosen tamu tersebut. Siapa tahu ia bisa memberikan rekomendasi kepada Anda saat ingin mengajukan beasiswa ke negara atau universitasnya.

Berikut ini tips untuk mencari kenalan profesor yang bisa memberikan rekomendasi:

  • Cari profesor pembimbing yangs sesuai dengan bidang Anda melalui situs-situs universitas yang ada di negara yang dituju.
  • Cari dan temukan daftar departemen atau laboratorium yang ada di perguruan tinggi tersebut. Sebaiknya perguruan tinggi negeri.
  • Jika sudah menemukan profesor yang sesuai dengan bidang Anda, langkah selanjutnya adalah menulis surat baik lewat e-mail, faks atau pos. Gunakan bahasa yang sopan serta uraikan tentang diri Anda, terutama mengenai riwayat pendidikan, penelitian yang pernah dilakukan dan penelitian seperti apa yang Anda harapkan ke depan. Buat agar profesor tersebut tertarik dengan Anda, tetapi jangan gunakan bahasa yang berlebihan.
  • Mungkin surat Anda tidak akan langsung mendapatkan tanggapan. Oleh karena itu bersabarlah dan hubungi lebih dari satu profesor.