Sumber Beasiswa

Sumber Beasiswa

Kunci kesuksesan mendapatkan beasiswa pertama-tama adalah informasi. Tanpa ada informasi mustahil sukses mendapatkan beasiswa. Gali dan cari informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber. Sumber-sumber informasi ini dapat diakses hampir tanpa batas. Media cetak maupun media informasi elektronik menjadi salah satu sumber.

Berikut ini dua sumber beasiswa:

Beasiswa dalam negeri

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan untuk keperluan kuliah di dalam negeri. Beasiswa dalam negeri dapat diberikan oleh perusahaan swasta, BUMN, universitas, pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Kedutaan-kedutaan asing pun kerap memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang telah terdaftar pada universitas.

Jika seseorang telah bekerja misalnya di LSM atau sebagai dosen dimungkinkan pula untuk mendapatkan beasiswa dalam negeri dari lembaga asing non-pemerintah. Sebaiknya beasiswa tersebut diberikan karena telah ada penandatanganan kerja sama nota kesepahaman (MoU) antara lembaga tempatnya bekerja sebagai mitra lokal dengan lembaga asing sponsor beasiswa. Ada berbagai jenis pilihan beasiswa yang ditawarkan mulai dari tanggungan uang kuliah sampai biaya hidup (living cost) selama menempuh pendidikan.

Mengenai persyaratan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, ada pemberi beasiswa yang mengharuskan mahasiswa telah terdaftar di universitas atau ada pula yang menerima permohonan pengajuan beasiswa sebelum mahasiswa tersebut diterima oleh universitas yang dituju. Pada kasus yang kedua umumnya calon akan dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa berbekal kepada prestasi atau nilai yang dapat merujuk pada pendidikan sebelumnya.

Beasiswa luar negeri

Umumnya beasiwa luar negeri diberikan bagi mereka yang berprestasi. Selain itu juga sangat terbuka bagi mereka yang memiliki prospek pengembangan diri atau kepemimpinan baik di masyarakat atau di tempat kerja.

Beasiswa luar negeri diberikan untuk melanjutkan pendidikan di lembaga pendidikan di luar negeri. Penerima beasiwa juga diarahkan kepada sumber daya manusia dari lembaga yang memiliki kepedulian terhadap capacity building antara lain social development, environment, human right, democracy dan good goverment. Seperti halnya beasiswa dalam negeri, beasiswa di luar negeri tidak sedikit yang berasal dari lembaga non-pemerintah, perusahaan dan perusahaan asing.

Berikut ini hal-hal yang mempengaruhi seseorang dalam memperoleh beasiswa:

  • Prestasi seseorang baik dalam bidang akademis, seni, organisasi atau olahraga.
  • Ketidakmampuan seseorang untuk membiayai pendidikan sendiri.
  • Keterlibatan aktif dalam organisasi atau lembaga yang ada di kampus.
  • Karya tulis atau ilmiah yang memungkinkan mendapat kesempatan melanjutkan kuliah.

Kesimpulannya saat ini kendala biaya bukan lagi merupakan penghalang utama dalam menuntut ilmu. Hal terpenting untuk memperoleh beasiswa adalah kemauan dan kerja keras. Keberuntungan akan menjadi hak bagi pekerja keras. Terbuka lebar kesempatan bagi mereka yang bersungguh-sungguh mendapatkannya dan pantang menyerah.