Persiapan untuk Wawancara Beasiswa

Persiapan untuk Wawancara Beasiswa

Beberapa hari sebelum melakukan wawancara ada baiknya untuk terlebih dahulu mengunjungi tempat wawancara tersebut guna memastikan bahwa Anda sudah mengetahui dan mengenali tempat tersebut, minimal telah berkunjung sekali sebelum melakukan sesi wawancara. Hal itu sangat berguna bagi Anda untuk beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan ketika sedang melangsungkan wawancara.

Pelajari Ulang

Ada baiknya sebelum melangsungkan sesi wawancara pelajarilah secara cermat berkenaan dengan program beasiswa yang Anda tuju. Pelajari dan pahami, kemudian cobalah untuk membandingkan dengan bidang studi di kampus yang sedang Anda tuju. Hal ini bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada pihak penyedia beasiswa bahwa Anda bisa mewujudkan tujuan dari beasiswa tersebut dan menerapkan tujuan itu pada saat Anda sudah terjun ke masyarakat.

Kenakan Pakaian Rapi dan Formal

Cara Anda berpenampilan akan memberikan kesan tersendiri bagi pewawancara. Sebab tidak bisa dipungkiri penampilan merupakan cermin dari kepribadian. Jika Anda berpakaian dengan penampilan formal dan rapi maka hal itu menunjukkan bahwa Anda memiliki perhatian cukup tinggi terhadap diri Anda sendiri. Berpakaian formal dan rapi akan menunjukkan tingkat keseriusan sekaligus rasa percaya diri Anda dalam menghadapi wawancara.

Persiapkan Diri dengan Melihat Pertanyaan-Pertanyaan Umum

Mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dari para pewawancara merupakan salah satu langkah yang bisa Anda tempuh untuk menghindari rasa gugup dan cemas ketika sedang diwawancarai. Ada baiknya Anda juga berlatih bersama denagn rekan Anda untuk mengantisipasi semua kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara sehingga ketika pertanyaan tersebut ditanyakan, Anda sudah siap untuk memberikan jawaban terbaik.

Adapun pertanyaan-pertanyaan yang biasa diberikan oleh para pewawancara antara lain:

  • Mengapa Anda memilih jurusan atau bidang studi tersebut?
  • Apa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memilih jurusan atau bidang studi tersebut?
  • Manfaat apa yang bisa Anda dapatkan untuk karier dan masa depan Anda?
  • Apa manfaat untuk negara Anda?
  • Apakah Anda sudah siap untuk belajar serta hidup di lingkungan dan sistem yang berbeda dengan yang sebelumnya pernah Anda lalui?
  • Bagaimana cara Anda akan beradaptasi dengan perubahan-perubahan di negara tujuan?
  • Setelah kembali ke Indonesia, bagaimana Anda akan menerapkan ilmu yang telah Anda peroleh tersebut?

Persiapkan diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti di atas. Meski akan ada beberapa pertanyaan lain yangn harus Anda jawab, paling tidak dengan mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyan tersebut akan menbantu kelancaran Anda dalam wawancara.

Hapalkan Jawaban Aplikasi

Dengan menghapalkan semua jawaban aplikasi yang sudah diisi dan dikirimkan ke panitia beasiswa akan membantu Anda dalam sesi wawancara karena banyak pertanyaan wawancara yang berdasarkan pada lembar aplikasi tersebut. Usahakan menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan lancar dan meyakinkan agar bisa memberikan kesan bahwa Anda adalah kandidat calon penerima beasiswa yang paling layak untuk memenangkan beasiswa tersebut.

Datang Tepat Waktu

Usahakan untuk tiba lima belas menit lebih awal dari waktu yang sudah dijadwalkan. Jika terpaksa terlambat karena mendapat banyak halangan selama di perjalanan, segera menghubungi pihak pewawancara. Namun sebisa mungkin upayakan untuk tidak terlambat karena hal ini akan berpengaruh langsung pada tingkat konsentrasi Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Tidak sedikit calon penerima beasiswa yang langsung didiskualifikasi karena terlambat datang, maka penting bagi Anda melatih diri untuk selalu bersikap disiplin.

Persiapkan Semua Kelengkapan Administrasi

Sebelum berangkat ke tempat wawancara, coba periksalah kembali semua perlengkapan Anda. Pastikan tidak ada barang-barang administratif yang tertinggal yang biasanya dibutuhkan ketika pewawancara menanyai Anda.

Kenali Nama Pewawancara

Mencari tahu nama pewawancara sebelum melangsungkan wawancara merupakan hal yang penting untuk Anda tempuh. Pewawancara akan merasa sangat senang jika sebelum melangsungkan wawancara Anda sudah mengetahui mereka. Dengan mengetahui nama pewawancara akan sangat membantu kelancaran Anda dalam sesi wawancara.

Tunjukkan Rasa Percaya Diri

Menunjukkan  sikap rasa percaya diri adalah salah satu cara memperlihatkan bahwa Anda benar-benar berkompeten untuk memenangkan beasiswa tersebut. Meski demikian penting untuk diperhatikan bahwa menunjukkan sikap percaya diri bukan bersikap arogan dan sombong di hadapan para pewawancara.

Jelaskan secara Rinci Jawaban Demi Jawaban

Berikan jawaban yang terbaik tidak aneh karena hai itu akan menjadi penilaian tersendiri bagi pewawancara. Berikan jawaban yang tepat dan apabila Anda kurang memahami pertanyaan pewawancara lebih baik Anda menanyakannya kepada pewawancara. Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban merupakan langkah bijak yang bisa Anda lakukan.

Persiapkan mental

Mempersiapkan mental untuk menghadapi sesi wawancara tidak kalah penting dari persiapan-persiapan lain. Sebab tidak menutup kemungkinan pewawancara akan menanyakan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan. Persiapkan mental untuk menghadapi sesi wawancara akan membantu Anda menghadapi sikap pewawancara yang juga sering diluar dugaan.

Ucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih kepada pewawancara setelah selesai wawancara adalah satu hal yang cukup penting diperhatikan. Mengucapjkan terima kasih secara tidak langsung menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai pewawancara.