Perguruan Tinggi Di Jepang

Perguruan Tinggi Di Jepang

Informasi Perguruan Tinggi Di Jepang

Pada zaman sebelum perang dunia II, jumlah perguruan tinggi di Jepang sangat sedikit dan yang mengikuti pendidikannya pun terbatas hanya dari golongan elit saja. Tetapi setelah tahun 1960 banyak orang Jepang yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi sehingga perguruan tinggi pada waktu itu menjadi sesuatu yang lumrah.

Seperti di Indonesia perguruan tinggi di Jepang terdiri dari perguruan tinggi negeri dan swasta.perguruan tinggi swasta lebih banyak dibanding perguruan tinggi negeri. Hampir 75% perguruan tinggi yang ada di Jepang merupakan perguruan tinggi swasta.

Pada tahun 2002 dari 99 PTN yang ada turun menjadi 60. Tetapi karena berkembangnya tanki daigaku (D2) menjadi S1 dan juga bertambahnya perguruan tinggi baru maka pada tahun 2005 jumlah perguruan tinggi di Jepang mencapai 702 perguruan tinggi.

Sekarang ini warga Jepang yang melanjutkan ke perguruan tinggi kira-kira 49%, kira-kira satu dari dua orang anak melanjutkan ke perguruan tinggi. Persentase ini 30% lebih tinggi dibandingkan pada masa orang tua mereka. Ini dikarenakan jumlah anak dalam satu keluarga Jepang sedikit sehingga orang tua leluasa membiayai mereka sampai ke perguruan tinggi.

Ujian masuk universitas Jepang

Ujian masuk universitas negeri dan nasional/umum,semuanya harus mengikuti ujian dengan 2 tahap yaitu tahap 1  (ujian dari pusat) senta shiken dan tahap 2 ujian yang dilakukan di masing-masing universitas  2 ji shiken. Di universitas swasta uijan masuknya dilaksanakan di masing-masing universitas, ujiannya berupa kurikulum mata kuliah dan acara harian.

Ujian masuk universitas Jepang untuk orang asing

Ujian masuk kuliah di Jepang atau (nihon ryugaku shiken), ujian kecakapan berbahasa Jepang atau ujian untuk mengetahui sebagaimana kepandaian yang dimilikinya dan ujian ini dibutuhkan untuk orang asing yang ingin masuk  universitas di  Jepang.

Ranking universitas di Jepang seperti tertera di website: www.4icu.org untuk tahun 2014 :

Universitas di Jepang

Universitas Terbaik di Jepang