Kuliah Ke Jepang

Kuliah Ke Jepang

Tes Seleksi Kuliah Ke Jepang

EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) bertujuan untuk menilai kemampuan akademik dan kemampuan berbahasa Jepang bagi mahasiswa asing yang berminat kuliah ke Jepang.

Beberapa universitas di Jepang memberikan izin masuk dengan memakai hasil EJU dan dokumen-dokumen lain seperti transrip nilai SLTA untuk menjaring calon mahasiswa asing dengan biaya sendiri. Mata ujian yang diberikan sebagai berikut:

Japanese as a Foreign Language

Bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang (bahasa Jepang akademik) yang diperlukan untuk belajar di universitas Jepang. Terdiri atas empat bagian yaitu Writing, Reading Comprehension, Listening and Reading Comprehension.

Science

Bertujuan untuk mengukur kemampuan akademik dasar dalam bidang sains (fisika, kimia, biologi) yang diperlukan untuk belajar di jurusan-jurusan sains di universitas di Jepang. Untuk mata ujian Science peserta memilih dua diantara fisika, kimia atau biologi sesuai petunjuk pihak universitas yang diminatinya.

Japan & The World

Bertujuan untuk mengukur kemampuan akademik dasar yang diperlukan dalam bidang sosial-humaniora, khususnya kemampuan berpikir dan penalaran untuk belajar di universitas di Jepang. Peserta tidak bisa memilih mata ujian Science dan Japan & The World pada saat yang bersamaan karena waktu ujian bersamaan.

Mathematics

Bertujuan untuk mengukur kemampuan akademik dasar yang diperlukan dalamm bidang matematika untuk belajar di universitas di Jepang. Untuk mata ujian Mathematics berdasarkan petunjuk pihak universitas yang diminatinya peserta memilih Mathematics Course 1 (matematika untuk jurusan-jurusan yang termasuk kategori Liberal Arts) atau Mathematics Course 2 (matematika untuk jurusan Science).

Ujian diberikan dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris kecuali mata ujian Japanese as a Foreign Language hanya dalam bahasa Jepang. Peserta memilih bahasa yang akan digunakan pada saat pendaftaran EJU berdasarkan petunjuk pihak universitas yang diminati. Bentuk jawaban adalah pilihan ganda dan terdapat esai dalam ujian tulis Japanese as a Foreign Language.

Untuk pendaftaran EJU di Indonesia bisa menghubungi lembaga berikut.

  • Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.
  • International Multicultural Center.

 Beasiswa Jepang