Kaisar Jepang

Kaisar Jepang

Sejarah Kaisar Jepang

Berdasarkan konstitusi Jepang, Kaisar Jepang adalah lambang negara dan persatuan rakyat. Kaisar tidak mempunyai kekuasaan yang yang terkait dengan pemerintah. Kaisar hanya simbol dari negara dan kesatuan rakyat. Kaisar tidak memiliki kekuasaan yang berhubungan dengan pemerintahan, dia hanya melakukan hal-hal yang berlaku di undang-undang.

Adapun tugas kaisar adalah:

  • Melantik perdana menteri dan kepala badan peradilan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh legislatif untuk perdana menteri dan kepala badan peradilan oleh kabinet.
  • Melantik ketua Mahkamah Agung.
  • Menghadiri sidang legislatif.
  • Mengumumkan undang-undang dan perjanjian yang dibuat dengan negara lain.
  • Memberikan penghargaan atas saran dan persetujuan kabinet.

Selain tugas-tugas di atas Kaisar juga berkewajiban menerima tamu-tamu negara dari berbagai negar lain dan melakukan kunjungan ke luar negeri. Membina kontak luas dengan warga Jepang dengan menghadiri bermacam-macam acara penting yang berlangsung di seluruh negeri, melakukan kunjungan ke fasilitas-fasilitas bagi para penyandang cacat dan para manula dan lain sebagainya.

Keluarga Kekaisaran dihormati secara luas oleh rakyat Jepang. Kaisar saat ini adalah Kaisar Akihito yang mewarisi tahta dari Kaisar sebelumnya yaitu Kaisar Hirohito, pasa tanggal 7 Januari 1989. Kaisar Akihito menikahi Shoda Michiko anak tertua direktur sebuah perusahaan manufaktur. Hasil pernikahan ini dikaruniai tiga orang anak, dua orang putera yaitu putera mahkota Naruhito, pangeran Fumihito dan satu orang puteri yaitu  puteri Sayako.

Putera mahkota Naruhito telah menikah dengan Owada Masako anak tertua dari wakil menteri luar negeri. Pada tahun 2001 telah melahirkan puteri pertama mereka yaitu Aiko. Kemudian pangeran Fumihito bergelar pangeran Akishino telah menikah dengan Kawashima Kiko anak tertua dari Profesor di Universitas Gakushuin tempat dia belajar. Anak pertama mereka lahir pada tahun 1991 bernama Mako dan pada tahun 1994 menyusul puteri kedua bernama Kako dan pada 2006 lahir seorang putera bernama Hisahito.