Jenis Beasiswa Luar Negeri

Jenis Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa tidak ubahnya seperti instan yang tersimpan dalam sebuah bongkahan batu yang keras. Pertama kali intan itu ditemukan, mungkin intan itu terlihat begitu kusam. Namun ketika Anda membersihkannya dengan seksama maka secara perlahan kilauannya akan memancarkan sinar keanggunan dengann indah. Beasiswa? Demikian pula halnya. Anda membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas untuk mendapatkannya. Setelah beasiswa dalam genggaman, maka menjadi kewajiban Anda menyilaukannya dengan prestasi brilian.

Ada berbagai macam bentuk beasiswa luar negeri yang ditawarkan. Beasiswa dapat mencakup seluruh pembiayaan yang diperlukan selama proses studi (full scholarship) atau ada pula yang sifatnya parsial atau sebagian. Khusus untuk beasiswa penuh seluruh pembiayaan akan menjadi tanggungan sponsor. Untuk beasiswa sebagian pembiayaan yang diberikan umumnya hanya mencakup biaya kuliah, sementara untuk biaya hidup dan yang lainnya dapat berasal dari kantong sendiri.

Bagi Anda yang hendak mendapatkan beasiswa perlu prosedur pemberian beasiswa oleh sponsor. Ada beasiswa yang diberikan setelah pelamar mendapatkan surat keterangan penerimaan sementara dari pihak universitas (acceptance letter), ada pula yang diberikan sebelum mengajukan lamaran untuk dapat diterima oleh universitas manapun.

Bagi mereka yang diminta oleh pihak sponsor untuk dapat menunjukkan acceptance letter terlebih dahulu, pelamar harus telah menghubungi universitas yang dituju. Lamaran ke universitas adalah dengan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Ketika universitas telah mengeluarkan surat penerimaan tersebut, maka Anda dapat menghubungi lembaga pemberi beasiswa.

Perlu dilihat pula jangka waktu penerimaan dari universitas dengan jangka waktu pembukaan dan pengumuman beasiswa. Bagi mereka yang terlambat untuk mengajukan beasiswa, tetapi telah memiliki surat penerim