Daftar Beasiswa

Daftar Beasiswa Cara Daftar Beasiswa Luar Negeri

Setelah Anda memenuhi persyaratan umum dan khusus yang diajukan dari perguruan tinggi atau instansi pemberi beasiswa, maka selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah jurusan atau program studi yang dibuka. Pastikan memang sesuai dengan latar belakang pendidikan, pekerjaan dan minat Anda, ataupun sesuai dengan visi dan misi pemberi beasiswa. Apabila seluruhnya sudah terpenuhi maka mulailah berkonsentrasi pada cara mengajukan aplikasi beasiswa.

Berikut ini tahapan dan cara daftar beasiswa ke luar negeri:

Mengisi Formulir Aplikasi

Bila Anda memperoleh informasi beasiswa dari internet maka biasanya Anda dapat men-download langsung formulir aplikasi yang telah disediakan melalui link tertentu. Anda juda dapat mengambil formulir secara langsung di lokasi pemberi beasiswa atau perwakilannya misal melalui kedutaan atau pusat studi negara yang bersangkutan di Indonesia.

Formulir yang disediakan hanya perlu Anda isi dengan informasi yang sebenarnya dan biasanya terdiri dari:

Personal data

Berisikan data pribadi dan biasanya terdapat juga keterangan mengenai kemampuan bahasa yang dimiliki, serta daftar para pemberi rekomendasi.

Profesional background

Berisikan pengalama kerja ataupun organisasi yang pernah diikuti.

Educational background

Bagian ini berisikan riwayat pendidikan formal yang sudah Anda tempuh, termasuk pendidikan non formal lainnya yang pernah dijalani seperti kursus dan pelatihan. Selain itu terdapat juga bagian tambahan yang meminta Anda menyebutkan tulisan, buku atau karya ilmiah yang pernah dibuat dan kegiatan penelitian lainnya.

Personal statement

Pada bagian ini Anda akan diminta untuk menuliskan secara singkat mengenai latar belakang pendidikan dan pekerjaan, motivasi untuk mengikuti program beasiswa, rencana untuk membantu negara setelah menyelesaikan studi dan rencana karir masa depan. Bagian ini juga bisa disebut sebagai statement of purpose (motivasi studi) yang terkadang Anda diminta untuk menuliskannya dalam lembar terpisah. Namun jika tidak, maka tuliskan saja pada tempat yang telah disediakan dalam formulir aplikasi. Informasi yang Anda tulis pada bagian ini sangat penting untuk menilai aplikasi yang Anda ajukan.

Study plan

Bagian ini juga biasa disebut juga dengan Research Plan atau Proposal Penelitian atau Essay. Anda diminta untuk menuliskan secara singkat mengenai isu utama yang akan Anda teliti, metodologi penelitian yang akan digunakan dan sebagainya. Seperti halnya personal statement, bagian ini juga terkadang harus Anda buat dalam lembar terpisah. Kemampuan membuat essay atau proposal serta topik yang diangkat juga menjadi penilaian, bahkan bisa sangat berpengaruh kepada kesuksesan Anda mendapatkan beasiswa.

Formulir surat rekomendasi

Bagian ini biasanya merupakan lampiran yang harus diisi oleh orang-orang yang memberikan rekomendasi tentang Anda dan kemudian dimasukkan ke dalam amplop. Apabila tidak disediakan lampiran surat rekomendasi berarti Anda harus menyiapkannya sendiri.

Formulir  surat keterangan sehat

Fomulir yang juga merupakan lampiran ini akan diisi oleh dokter yang berwenang. Apabila tidak disediakan maka Anda cukup menyertakan catatan kesehatan dari dokter menggunakan bahasa Inggris.

Formulir surat pernyataan/persetujuan

Dalam formulir ini biasanya Anda hanya diminta mengisi beberapa pertanyaan atau langsung menandatangani pada tempat yang disediakan untuk menyatakan persetujuan Anda. Pastikan Anda telah membaca dan memahami surat pernyataan tersebut dengan baik.