Belajar ke Jepang

Belajar ke Jepang

Mengapa Harus Belajar ke Jepang atau Studi ke Jepang?

Mengapa harus belajar ke Jepang? Ini merupakan pertanyaan yang sering muncul ketika Anda sedang melakukan sesi wawancara, yaitu tahap terakhir yang harus Anda tempuh untuk mendapatkan beasiswa studi ke Jepang.

Mendapatkan beasiswa ke Jepang bukan hanya dalam rangka mencari sensasi atau kebangaan tanpa makna karena telah melanjutkan studi ke luar negeri. Akan tetapi merupakan kesadaran penuh untuk belajar di sana, karena negara Jepang memang layak untuk dijadikan tempat menimba ilmu.

Jepang merupakan salah satu negara yang tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat sepanjang sejarah dunia. Dan Jepang juga memiliki tradisi dan sejarah yang panjang, namun proses modernisasi dan pembangunan yang pesat tidak lantas meruntuhkan tatanan sosial adat istiadat yang diwarisi secara turun-temurun.

Kita perlu belajar ke Jepang sebagaimana menerapkan pola hidup lama serta tidak menafikan cara hidup modern dan pembaruan yang terjadi di dunia. Jika bangsa Jepang memiliki budaya kerja yang unggul dengan kedisiplinan yang mereka miliki. Orang Jepang merasa aneh apabila pulang kerja lebih awal dan merasa tidak sopan apabila pulang kerja lebih awal dari pemimpinnya.

Jepang juga dikenal sebagai bangsa dengan etos kerja dan komoitmen yang tinggi pada pekerjaan yang mereka geluti. Tidak heran jika kemudian di Jepang terdapat banyak perusahaan raksasa seperti Sony, Panasonic,Toyota, Honda, Yamaha dan lain sebagainya.

Studi ke Jepang

Bangsa Jepang selain dikenal sebagai bangsa dengan tingkat kedisiplinan tinggi juga dikenal memiliki produktivitas yang tinggi sehingga bisa menjadi bangsa dengan tingkat perekonomian sejajar dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika.

Tentunya budaya bekerja keras dengan kedisiplinan yang tinggi tidak dengan serta merta dimiliki oleh Jepang. Awalnya mereka tidak disiplin, suka bersantai dan menghabiskan waktu dengan bersenang-senang. Usai Perang Dunia II ketika Jepang mengalami kekalahan, perekonomian mereka menjadi porak-poranda dan penggangguran ada di mana-mana.

Dalam kondisi seperti itu mereka bangkit secara perlahan. Kondisi yang serba kacau dan tidak enak secara perlahan menempa kedisiplinan mereka, yang kemudian memiliki peranan besar dalam membentuk etos kerja mereka yang sangat mengagumkan. Etos kerja itu kemudian mengalir ke seluruh generasi muda mereka dalam konsep moral melalui jalur pendidikan.

Karena itulah penting bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk belajar ke Jepang atau studi ke Jepang, tentunya hal ini akan berguna untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.