Beasiswa Sekolah

Beasiswa Sekolah

Kunci Sukses Mendapatkan Beasiswa Sekolah atau Kuliah ke Luar Negeri

Pendidikan adalah investasi, mahalnya biaya pendidikan dapat diatasi dengan mencari sumber-sumber dana seperti beasiswa. Berikut ini beberapa beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengirimkan aplikasi dan mendapatkan beasiswa sekolah atau kuliah ke luar negeri yang Anda inginkan:

Lakukan survei dan cari informasi sebanyak-banyaknya. Luangkan waktu untuk memantau atau melihat-lihat berbagai beasiswa yang ada beserta persyaratannya, juga batas waktunya. Bertanya kepada teman, pembimbing atau konselor, juga pada yayasan atau lembaga-lembaga di Indonesia yang menyediakan informasi mengenai beasiswa luar negeri. Bukalah situs-situs beasiswa dan bergabunglah dengan milis atau komunitas-komunitas di internet yang membicarakan masalah beasiswa luar negeri. Pastikan Anda memenuhi persyaratan untuk mengajukan beasiswa sebelum Anda menghabiskan waktu untuk mengisi dan menyiapkan kelengkapannya. Ajukan aplikasi hanya jika Anda memenuhi persyaratan dan pastikan Anda sanggup melengkapi persyaratan yang dibutuhkan sebelum batas waktu akhir.

Pelajari bidang studi yang tersedia. Carilah yang benar-benar sesuai dengan minat, latar belakang pendidikan, pekerjaan, visi dan misi pemberi beasiswa. Harus ada keseimbangan.

Mulailah lebih awal untuk mengisi aplikasi. Sediakan waktu yang banyak untuk mengisi aplikasi dan meminta surat rekomendasi, jangan terburu-buru. Persiapkan dengan matang dan terjadwal ketika melengkapi aplikasi. Persiapkan juga langkah antisipasi atas kendala-kendala yang mungkin muncul. Ikuti petunjuk pengisian dengan benar. Pastikan Anda menjawab atau mengisi sesuai pertanyaan yang diajukan sehingga jangan sampai ada informasi yang tidak lengkap. Selanjutnya periksalah kembali aplikasi dan koreksi essay Anda. Mintalah teman atau kerabat untuk memeriksanya apakah masih ada kesalahan atau tidak. Jujurlah dan buatlah aplikasi yang menggambarkan diri Anda yang sebenarnya. Utarakan ide dan cerita dari pemikiran Anda.

Lengkapi dokumen dan siapkan modal. Beberapa persyaratan seperti TOEFL dan JLPT terkadang akan meminta Anda untuk mengikuti tes standar internasional dengan biaya yang tidak sedikit. Anda juga harus siap menghadapi kemungkinan, jika Anda sudah lulus beasiswa namun dana tidak lansung keluar pada bulan-bulan pertama masa perkuliahan.

Buat motivation letter yang menyakinkan. Gunakan bahasa yang resmi, singkat, padat dan jelas.

Buat tulisan atau essay dengan topik yang menarik. Anda dapat mengangkat isu yang sedang berkembang, misal isu yang sedang hangat di Indonesia atau isu antara Indonesia dengan negara yang dituju atau juga isu-isu yang sejalan dengan visi pemberi beasiswa.

Percaya diri dan tidak frustasi. Kerahkan seluruh kepercayaan diri Anda ketika menyiapkan dan mengajukan aplikasi. Namun tidak perlu frustasi jika Anda gagal memperolehnya. Cobalah untuk mendaftar beberapa beasiswa sekaligus sehingga Anda bisa mengurangi tingkat frustasi. Rasa percaya diri juga diperlukan saat menjalani tes dan wawancara.

Jangan ragu untuk bertanya. Banyaklah bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman atau konselor untuk membantu menyiapkan aplikasi. Usaha dan perjuangan yang telah Anda keluarkan akan terbayarkan jika berjasil mendapatkan beasiswa.

Buatlah susunan aplikasi untuk arsip Anda dan catatlah beasiswa-beasiswa yang Anda lamar.

Cobalah beasiswa jangka pendek. Apabila Anda tidak berhasil mendapatkan beasiswa penuh atau jangka panjang, cobalah terlebih dulu untuk mengambil program beasiswa yang berjangka waktu pendek. Mungkin peluang mendapatkannya lebih besar atau tidak banyak saingan. Sambil menjalankan program jangka pendek, Anda dapat menciptakan koneksi-koneksi yang lebih banyak untuk mencoba kesempatan yang lebih besar ke program jangka panjang atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.