Beasiswa Sekolah Di Jepang

Beasiswa Sekolah Di Jepang

Cara Mendapat Beasiswa Sekolah Di Jepang

Untuk mendapatkan beasiswa sekolah di Jepang bukanlah mimpi. Berhasil mendapatkan beasiswa adalah sangat mungkin. Namun untuk memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan dengan besiswa tidaklah semudah menjentikkan jari tangan. Perlu usaha yang sungguh-sungguh dan strategi yang jitu untuk mendapatkannya. Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan agar berhasil mendapatkan beasiswa ke Jepang.

Kemampuan akademik

Seleksi akademik akan berlangsung cukup ketat. Belajarlah sungguh-sungguh dan berusahalah memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3,0 selagi anda duduk di bangku kuliah.

Persiapkan rencana penelitian dalam research plan (proposal penelitian) secara jelas. Cantumkan secara berurutan motivasi, latar belakang penelitian dan masalah yang hendak dipecahkan secara jelas. Anda sebaiknya mencari paper di internet hasil penelitian dari universitas ataupun profeor yang dituju untuk mempelajari topik penelitian yang digeluti di tempat tujuan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa topik mereka selaras dengan rencana penelitian yang sedang anda buat.

Kemampuan bahasa asing

Kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris adalah hal yang paling utama termasuk untuk melanjutkan kuliah ke negara-negara non English speaking countries seperti Jepang. Hampir setiap beasiswa mensyaratkan mempunyai nilai TOEFL (Test of English as a Foreign Language) 550 untuk PBT (Paper Based Test) atau 230 untuk IBT (Internet Based Test).

Materi yang diujikan pada TOEFL_PBT adalah kemampuan mendengar (listening comprehension), kemampuan gramatikal (structure/written expression). Pada TOEFL-IBT materi yang diujikan yaitu mendengar (listening), membaca (reading), berbicara (speaking) dan menulis (writing).

Selain TOEFL kita bisa memilih tes kemampuan bahasa Jepang atau JLPT (Japanese Language Proficiency Test). Materi yang diujikan yaitu meliputi kosakata, kemampuan gramatikal, kemampuan membaca dan mendengar. JLPT terdiri atas 5 level: N5, N4, N3, N2, N1. Aplikasi beasiswa biasanya mensyaratkan bahwa pelamar harus lulus level N1 atau minimal N2. Untuk informasi test JLPT bisa dilihat di website www.jlpt.jp.

 Japanese Language Proficiency Test