Beasiswa S2 Jepang

Beasiswa S2 Jepang

Beasiswa S2 Jepang dari Yayasan Beasiswa

Selain beasiswa S2 Jepang yang disediakan oleh pemerintah Jepang, ada pula beasiswa yang disediakan oleh Yayasan Beasiswa (Scholarship Foundation). Yayasan Beasiswa tersebut merupakan sebuah yayasan yang terbentuk atas gabungan dari beberapa perusahaan Jepang dimana perusahaan-perusahaan tersebut memutuskan untuk memberikan beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang memiliki hasrat tinggi untuk melanjutkan studi ke Jepang. Keputusan yang ditempuh oleh beberapa perusahaan yang tergabung dalam Yayasan Beasiswa merupakan bentuk apresiasi mereka terhadap pentingnya pendidikan untuk para generasi muda Indonesia.

Adapun beberapa beasiswa yang ditawarkan diantaranya sebagai berikut:

Beasiswa Panasonic

Beasiswa Panasonic pada umumnya ditawarkan bagi para mahasiswa yang memiliki keinginan tinggi untuk melanjutkan studi S2 ke Jepang. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan matematika, ilmu alam, teknik, bioteknologi, agricultural dan teknologi informasi. Kuota yang ditawarkan beasiswa ini sekitar 26 untuk delapan negara termasuk Indonesia.

Beasiswa Panasonic memberikan biaya tunjangan perbulan bagi para penerimanya dalam jumlah yang sangat besar. Umumnya rentang waktu beasiswa ini diberikan maksimal tiga tahun yaitu satu tahun untuk research student dan dua tahun untuk master student. Selain itu pihak Panasonic juga menyediakan biaya untuk transportasi dari Indonesia ke Jepang serta biaya-biaya lain untuk menunjang penelitian.

Beasiswa Ajinomoto

Beasiswa Ajinomoto hampir sama dengan beasiswa Panasonic. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan mengambil jurusan teknik, farmasi, matematika, pertanian dan teknologi informasi. Hanya saja rentang waktu beasiswa ini cukup pendek yaitu dua tahun. Selain itu beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa UI, ITB, UGM, Universitas Airlangga, IPB, Universitas Padjadjaran, Universitas Dipenogoro dan Universitas Brawijaya. Informasi detail mengenai beasiswa ini bisa dilihat melalui alamat website masing-masing universitas.

Beasiswa Hitachi

Beasiswa Hitachi ditawarkan oleh Hitachi Scholarship Foundation hanya untuk para dosen dan peneliti di lingkungan kampus UI, UGM, ITB dan ITS. Beasiswa ini menawarkan program S2 dan S3 untuk jurusan sains dan teknologi kecuali ilmu hewan. Cukup disayangkan cakupan beasiswa ini sangat terbatas.

Beasiswa ADB-JSP

Beasiswa ADB-JSP (Asian Development Bank Japan Scholarship Program) ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki minat tinggi untuk melanjutkan studi S2 atau S3 ke Jepang. Pendanaan beasiswa ini berasal dari pemerintah Jepang. Sebagaimana beasiswa lainnya beasiswa ini juga memberikan tunjangan berupa biaya transportasi ke Jepang (pulang-pergi), biaya kuliah, biaya hidup perbulan, biaya penelitian dan lain sebagainya.

Beasiswa ini diberikan kepada seluruh pelajar Asia termasuk Indonesia. Hanya saja calon penerima beasiswa ini setidaknya harus sudah memiliki pengalaman kerja secara profesional minimal dua tahun. Sederhananya beasiswa ini bukan diperuntukkan bagi fresh graduate. Jurusan-jurusan yang diperbolehkan untuk dipilih dalam beasiswa ini merupakan jurusan-jurusan yang memiliki pertalian erat dengan pembangunan, misalnya ekonomi, teknologi, pendidikan dan lain sebagainya.