Beasiswa S1 Jepang

Beasiswa S1 Jepang

Beasiswa S1 Jepang dari Pemerintah dan Yayasan

Beasiswa Program S1 Monbukagakusho

Program beasiswa S1 Jepang ini memiliki rentang waktu selama lima tahun. Kecuali untuk jurusan kedokteran umum, kedokteran gigi dan kedokteran hewan, program beasiswa ini berlangsung selama tujuh tahun. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi umum baik untuk lulusan SMA IPS maupun IPA. Dalam program beasiswa ini penerima beasiswa diberikan kewenangan untuk memilih jurusan kecuali bidang musik dan olahraga.

Rentang waktu lima dan tujuh tahun sudah termasuk sekolah bahasa Jepang yang harus diikuti oleh para penerima beasiswa. Berkenaan dengan universitas yang akan ditempati oleh penerima beasiswa, akan ditentukan oleh pemerintah Jepang ketika penerima beasiswa sudah tiba di Jepang sesuai degan prestasi nilai yang diperoleh selama mengikuti sekolah bahasa Jepang.

Beasiswa Yayasan Mitsui-Bussan

Beasiswa ini ditawarkan kepada para pelajar SMU yang meiliki keinginan untuk melanjutkan studi S1 ke Jepang dengan jurusan yang  sesuai dengan minat. Beasiswa ini hampir serupa dengan beasiswa Monbukagakusho  yang diberikan pemerintah Jepang. Beasiswa ini juga menanggung biaya transportasi pulang-pergi ke Jepang, tunjangan bulanan serta tunjangan biaya selama sekolah dan kuliah.

Rentang waktu beasiswa ini adalah lima setengah tahun dengan perincian satu setengah tahun untuk sekolah bahasa dan empat tahun untuk S1. Biasanya sebelum keberangkatan ke Jepang penerima beasiswa ini terlebih dahulu akan memperoleh program pengenalan bahasa Jepang selama dua bulan di Indonesia. Beasiswa ini biasanya dibuka setiap tahun hanya saja kuotanya sangat terbatas sementara peminatnya meningkat.