Beasiswa Pemerintah Jepang

Beasiswa Pemerintah Jepang

Perbedaan dan Persamaan Beasiswa Pemerintah Jepang G to G dan U to U

Perbedaan beasiswa pemerintah Jepang G to G dan U to U mencakup beberapa hal sebagai berikut:

Syarat pengajuan

Calon penerima beasiswa Monbukagakusho G to G harus berstatus PNS atau pegawai BUMN sementara calon penerima beasiswa U to U berlaku untuk umum.

Proses pengajuan

Beasiswa Monbukagakusho G to G diajukan ke kedutaan Jepang di Jakarta sementara untuk beasiswa Monbukagakusho U to U diajukan kepada salah seorang profesor Jepang untuk diteruskan ke universitas di Jepang.

Proses seleksi

Seleksi beasiswa Monbukagakusho G to G dilangsungkan di Kedutaan Besar Jepang. Seleksi tahap pertama adalah seleksi dokumen-dokumen yang diserahkan pada saat pengajuan kemudian dilanjutkan ke tahap wawancara. Sementara untuk beasiswa Monbukagakusho U to U tidak ada sistem seleksi. Patokan untuk beasiswa Monbukagakusho U to U adalah rekomendasi dari profesor Jepang. Jika profesor yang bersangkutan sudah memberikan rekomendasi ke salah satu universitas maka universitas yang bersangkutan akan melanjutkannya ke Monbukagakusho. Kecuali apabila di universitas yang dituju ternyata sudah terdapat banyak calon penerima beasiswa yang melamar maka akan diadakan seleksi dengan memprioritaskan rekomendasi dari profesor yang paling senior. Perlu Anda ingat dalam mengajukan beasiswa Monbukagakusho U to U ini usahakan mencari profesor yang paling senior yaitu full profesor bukan associate profesor.

Rentang waktu

Beasiswa Monbukagakusho G to G ditempuh selama dua tahun, sedangkan Monbukagakusho U to U ditempuh selama satu setengah tahun.

Pegurusan pemberangkatan

Pemberangkatan untuk penerima beasiwa Monbukagakusho G to G akan dibantu oleh Kedutaan Besar  Jepang. Ketika sudah tiba di Jepang penerima beasiswa akan dijemput oleh AIEJ (Association International Education Japan). Sementara untuk penerima beasiswa Monbukagakusho U to U keberangkatannya ke Jepang harus diurus sendiri ke Kedutaan Besar Jepang dan biasanya hanya meminta laporan sebelum pemberangkatan. Ketika sudah tiba di Jepang penerima beasiswa akan dijemput langsung oleh profesor pembimbing.

Sedangkan persamaan beasiswa pemerintah Jepang G to G dan U to U terletak pada fasilitas yang diperoleh yaitu:

  • Tunjangan biaya transpor dari Indonesia ke Jepang dan dari Jepang ke Indonesia setelah menyelesaikan masa studi.
  • Uang tunjangan sebesar 25.000 yen untuk kedatangan pertama.
  • Uang tunjangan setiap bulan sebesar 185.000 yen.
  • Dibebaskan dari biaya pendidikan.
  • Tunjangan bagi yang tinggal di apartemen.
  • Tunjangan untuk kegiatan-kegiatan scientific, meeting dan travelling.
  • Perpanjangan beasiswa dari status research student ke program master atau doktor, serta perpanjangan dari program master ke program doktor.