Beasiswa Kuliah di Jepang

Beasiswa Kuliah di Jepang

Tips Memilih Beasiswa Kuliah di Jepang

Kesempatan untuk mengikuti program beasiswa kuliah di Jepang merupakan peluang emas yang sayang untuk dilewatkan. Namun perlu diingat bahwa Anda juga tidak boleh asal memilih sekolah maupun program beasiswa yang ada. Meskipun pilihan beasiswa ke luar negeri tidak terlalu banyak tetapi Anda tetap harus benar-benar memilih dengan pertimbangan rasional. Pemilihan sekolah atau perguruan tinggi yang tepat perlu dilakukan. Sebaiknya carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perguruan tinggi yang membuka program beasiswa tersebut. Jangan sampai Anda memilih perguruan tinggi di luar negeri sana namun ternyata mutunya tidak lebih baik.

Berikut ini beberapa tipsnya:

Pilihlah program studi yang sesuai

Bandingkanlah dan pelajari program-program studi yang ada pada berbagai perguruan tinggi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya misalnya dengan mencari informasi melalui situsnya, bertanya kepada forum atau komunitas yang ada disana, bertanya pada teman atau kenalan Anda yang mungkin pernah mengambil program studi tersebut. Pastikan program studi yang akan Anda ambil sesuai dengan minat, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan serta sesuai dengan visi misi pemberi beasiswa. Mungkin Anda yang baru lulus dari SMU ingin mengikuti beasiswa S1, lebih mengalami kebingungan dalam memilih karena belum memilki pengalaman sama sekali. Jika demikian coba tanyakan pada diri Anda, apakah sekolah di luar negeri memang penting untuk Anda? Di lima atau sepuluh tahun ke depan Anda membayangkan diri Anda akan berada dimana? Jenis pekerjaan/karir apa yang menarik bagi Anda?

Carilah informasi sekolah dengan pengajaran yang berkualitas

Ini sama saja dengan mencari sekolah yang bermutu. Cari informasi mengenai perguruan tinggi tersebut khususnya mengenai kegiatan-kegiatan belajar mengajar atau program-program apa saja yang mereka punya. Anda juga bisa melihat peringkat dari perguruan tinggi tersebut.

Lihatlah kisah sukses pada alumninya

Sekolah atau perguruan tinggi yanmg memiliki alumni dengan masa depan sukses mudah memperoleh pekerjaan atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu carilah informasi sebanyak-banyanknya mengenai alumni dan seberapa besar kesuksesan mereka. Sekali lagi Anda bisa mencari informasinya melalui situs karena banyak sekolah yang menampilkan profil alumninya.

Selain berdasarkan pemilihan sekolah, ada hal lain yang harus diperhatikan antara lain:

  • Pastikan Anda memilih beasiswa yang syarat-syaratnya dapat dipenuhi.
  • Carilah informasi mengenai jumlah dana atau besarnya beasiswa yang akan Anda peroleh. Biasanya di masing-masing negara memilki kebijakan yang berbeda mengenai hal ini. Apabila Anda tidak memilki dana pribadi yang memadai maka pastikan Anda memilih beasiswa yang mencakup semuanya seperti biaya kuliah, biaya hidup, akomodasi dan asuransi kesehatan.