Beasiswa Kedutaan Jepang

Beasiswa Kedutaan Jepang

Informasi Beasiswa Kedutaan Jepang untuk Lulusan SMA

Sejak dahulu hingga sekarang animo masyarakat internasional sangat tinggi untuk  bisa memperoleh beasiswa Kedutaan Jepang. Keberadaan negeri sakura sebagai sumber menimba ilmu ini memang sydah lama menyita perhatian dunia internasional. Menyikapi hal ini pemerintah Jepang kemudian menyediakan beasiswa Monbukagakusho bagi para lulusan SMA untuk tingkat pendidikan D2, D3 dan S1.

Beasiswa Monbukagakusho dibuka setiap tahun melalui Kedutaan Besar Pemerintah Jepang yang ada di masing-masing negara. Beasiswa ini terbuka untuk umum dan tidak memilki ikatan dinas. Beasiswa ini merupakan besiswa paling bergengsi yang banyak diperebutkan.

Program D2

Program setara akademi yang akan mendidik para calon spesialis ini ditempuh selama tiga tahun, termasuk satu tahun untuk sekolah bahasa Jepang. Program beasiswa ini bisa diikuti oleh lulusan SMA IPS ataupun IPA. Untuk program beasiswa ini sekolah sudah ditentukan sebelum pemberangkatan ke Jepang.

Adapun fasilitas yang bisa didapatkan oleh penerima beasiswa Monbukagakusho antara lain:

  • Dibebaskan dari biaya studi selama masih mengikuti program besiswa tersebut yaitu mencakup biaya ujian masuk universitas, biaya kuliah dan matrikulasi, namun tidak termasuk biaya untuk komponen pendidikan lain seperti buku, alat tulis, komputer dan lain sebagainya.
  • Memperoleh tunjangan bulanan sebesar 134.000 yen dan tunjangan pertama selama di Jepang sebesar 25.000 yen.
  • Dibebaskan dari biaya mengikuti kursus bahasa Jepang selama di Indonesia maupun di Jepang. Kursus tersebut biasanya berlangsung selama tiga minggu di Indonesia dan setahun di Jepang.

Kelebihan lain bagi penerima beasiswa Monbukagakusho adalah kemudahan dalam mencari asrama. Sebab para penerima beasiswa tersebut keberadaan mereka biasanya lebih diistimewakan oleh para pemilik asrama di Jepang.

Program D3

Program beasiswa D3 ini hanya diperuntukkan bagi lulusan SMA IPA yang berminat di bidang teknik (engineering). Program yang materinya lebih fokus pada praktik dan eksperimen ini memungkinkan bagi lulusan yang berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang S1. Adapun rentang waktu untuk program beasiswa ini adalah empat tahun, termasuk satu tahun untuk sekolah bahasa Jepang. Untuk sekolah sudah ditentukan sebelum pemberangkatan ke Jepang.

Program S1

Program beasiswa S1 ini memiliki rentang waktu selama lima tahun. Kecuali untuk jurusan kedokteran umum, kedokteran gigi dan kedokteran hewan, program beasiswa ini berlangsung selama tujuh tahun. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi umum baik untuk lulusan SMA IPS maupun IPA. Dalam program beasiswa ini penerima beasiswa diberikan kewenangan untuk memilih jurusan kecuali bidang musik dan olahraga.

Rentang waktu lima dan tujuh tahun sudah termasuk sekolah bahasa Jepang yang harus diikuti oleh para penerima beasiswa. Berkenaan dengan universitas yang akan ditempati oleh penerima beasiswa, akan ditentukan oleh pemerintah Jepang ketika penerima beasiswa sudah tiba di Jepang sesuai degan prestasi nilai yang diperoleh selama mengikuti sekolah bahasa Jepang.