Beasiswa di Jepang

Beasiswa di Jepang

Beasiswa di Jepang Monbukagakusho

Beasiswa di Jepang Monbukagakusho bisa diperoleh melalui dua jalur yaitu G to G (Government to Goverment) dan U to U (University to University).

Beasiswa Monbukagakusho G to G

Untuk bisa memperoleh beasiswa ini calon penerima beasiswa bisa secara langsung menghubungi pihak kedutaan besar jepang di Jakarta, dengan syarat calon penerima beasiswa harus berstatus PNS atau pegawai BUMN. Sebenarnya persyaratan tersebut tidak murni diberlakukan oleh pihak  Monbukagakusho dalam hal ini Ministry of Education, Science, Sports and Culture Japan. Hanya saja karena pihak Monbukagakusho bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan pada saat pembentukan kerja sama itu pemerintah Indonesia mengusulkan supaya calon penerima beasiswa berstatus PNS atau pegawai BUMN, maka sejak saat itulah kemudian disepakati bahwa calon penerima beasiswa Monbukagakusho G to G harus berstatus sebagai PNS atau pegawai BUMN.

Kuota jenis beasiswa ini di Indonesia dibatasi untuk 50 orang saja dengan pembagian 35 orang untuk PNS (dosen) dan 15 orang untuk departemen lain dari BUMN. Program beasiswa ini ditempuh selama dua tahun, Sebagai catatan untuk memperebutkan beasiwa ini biasanya adanya prestasi tambahan merupakan bagian dari faktor penting yang dijadikan sebagai penilaian, misalnya pernah melakukan riset aktif di lembaga riset dan lain sebagainya.

Beasiswa Monbukagakusho U to U

Beasisiwa Monbukagakusho U to U sebenarnya tidak jauh berbeda dengan beasiswa Monbukagakusho G to G hanya saja calon penerima beasiswa ini tidak disyaratkan harus berstatus sebagai PNS atau pegawai BUMN sebagaimana beasiswa Monbukagakusho G to G. Proses beasiswa Monbukagakusho U to U ini biasanya diberikan atas rekomendasi profesor Jepang yang diteruskan ke universitasnya kemudian universitas tersebut memberikan rekomendasi ke Monbukagakusho.

Untuk bisa memperoleh beasiswa ini, Anda harus memiliki relasi langsung dengan profesor Jepang sesuai bidang yang Anda minati. Karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah berkenalan dengan profesor yang bersangkutan melalui email, surat pos, faksimile dan jika perlu melalui telepon. Dalam perkenalan tersebut mulailah untuk menyampaikan ketertarikan dengan laboratorium dan riset sang profesor. Baru setelah itu sampaikan keinginan Anda untuk bergabung dalam riset tersebut.

Sampaikan keinginan Anda dengan melampirkan riwayat hidup (curiculum vitae) serta ringkasan penelitian yang pernah Anda lakukan dan rencana riset/tema riset yang ingin Anda kerjakan. Setelah beberapa kali menjalin kontak dengan profesor tersebut dan Anda merasa memiliki kedekatan, serta indikasi bahwa profesor tersebut memberikan lampu hijau kepada Anda, maka pergunakanlah kesempatan itu untuk menanyakan mengenai apakah sang profesor memilki wewenang untuk memberikan rekomendasi kepada Anda supaya bisa memperoleh beasiswa Monbukagakusho.

Biasanya sang profesor akan menganjurkan Anda untuk mengikuti beasiswa Monbukagakusho melalui Kedutaan Besar Jepang yang ada di Indonesia. Baru setelah memperoleh jawaban dari pihak Kedutaan Besar Jepang, Anda bisa menghubungi kembali profesor tersebut. Ada kemungkinan jika profesor tersebut akan sibuk dan belum ada waktu untuk mem-follow up. Sebab untuk melamar di program Monbukagakusho Recommended by University, profesor yang Anda hubungi itu akan disibukkan oleh beberapa hal. Pertama-tama ia harus mengambil formulir aplikasi ke Foreign Student Office di universitasnya. Selanjutnya ia harus mengirim formulir aplikasi tersebut kepada Anda. Setelah Anda mengisi formulir  tersebut, maka profesor tersebut harus mengembalikan formulir itu ke Foreign Student Office berikut rekomendasinya.

Apabila profesor yang Anda hubungi tersebut tidak tahu mengenai pelamaran Monbukagakusho Recommended by University biasanya ia akan menyuruh Anda untuk menanyakan hal tersebut kepada pihak Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Jika hal ini terjadi saat di kedutaan besar cobalah dengan hati-hati mengatakan kepada petugas di sana bahwa profesor sebenarnya memiliki wewenang untuk memberikan rekomendasi kepada Anda untuk memperoleh beasiswa Monbukagakusho dalam hal itu bisa ia tanyakan secara langsung ke pihak Foreign Student Office.

Sebagai catatan bagi Anda yang ingin memperoleh beasiswa Monbukagakusho U to U dalam mengontak profesor yang Anda harapkan bisa memberikan rekomendasi Monbukagakusho kepada Anda, maka hendaklah Anda mengontak profesor di universitas negeri karena biasanya universitas negeri memiliki jatah Monbukagakusho yang lebih besar.

Adapun universitas-universitas negeri yang bisa Anda hubungi antara lain:

  • The University of Tokyo (www.u-tokyo.ac.jp)
  • Tokyo Institue of Technology (www.titech.ac.jp)
  • Tsukuba University (www.tsukuba.ca.jp)
  • Kyoto University (www.kyoto-u.ac.jp)
  • Osaka University (www.osaka-u.ac.jp)
  • Nagoya University (www.nagoya-u.ac.jp)